Trending

Minggu, 28 September 2014

Tips Supaya Tak Ngantuk Setelah Makan Siang

Banyak orang beranggapan santap siang dapat makan apapun asalkan membuat kenyang. Akibatanya bukan tambahan energi yang diperoleh, melainkan rasa lelah yang mudah datang selepas santap siang.
Agar santap siang memberi tenaga yang cukup untuk tetap produktif hingga jam kerja selesai, berikut adalah empat tips jitunya.

1. Ringan dan sehat
Lemak umumnya dipilih sebagai komposisi dalam santap siang, karena mampu meningkatkan nafsu makan. Namun, menurut studi University of Rochester Medical Center, Inggris, lemak memiliki waktu cukup lama untuk dicerna dan diserap sari-sari terbaiknya. 
Ada baiknya menambahkan asupan serat ketika mengonsumsi lemak saat santap siang guna memaksimalkan proses pencernaan dan penyerapan energi. Beberapa tambahan serat yang dapat Anda masukkan padaa asupan lemak saat santap siang adalah, rebusan sayur hijau, buah-buahan, agar-agar, dan lain sebagainya.

2. Mengontrol asupan karbohidrat
Masyarakat Indonesia sangat sulit untuk  tak makan nasi, sekalipun pada saat santap siang. Jenis makanan yang kaya karbohidrat ini memang cepat memberi rasa kenyang, karena cepat dicerna oleh tubuh.
Namun, ketika karbohidrat dikonsumsi dengan cepat, justru akan menimbulkan crash (tabrakan) cukup serius dengan kondisi gula darah di dalam tubuh. 
Tabrakan ini mampu meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat yang memicu pelepasan energi secara tidak terkontrol. Akibatnya, badan pun akan teraa lebih cepat lelah karena banyaknya lepasan energi yang terbuang percuma. 
Untuk menghindari hal tersebut, ganti konsumsi nasi pada santap siang dengan menu makanan berkarbohidrat kompleks, seperti sayur dan buah, pasta dan roti whole grain, hummus, dan nasi merah.

3. Pola gizi seimbang
Poin ini sekilas mirip dengan anjuran penerapan pola makan 4 sehat 5 sempurna, namun dengan beberapa penyesuaian kecil di dalamnya. Beberapa penyesuaian kecil tersebut adalah penambahan asupan protein dan mineral yang lebih tinggi, serta pengurangan konsumsi lemak. Beberapa menu yang baik dikonsumsi saat santap siang adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan laut, ayam tanpa lemak, dan buah-buahan padat.

4. Cegah dehidrasi
Terutama jika Anda bekerja di ruang tertutup berpendingin udara, maka faktor hidrasi sangatlah penting untuk diperhatikan. Ketika tubuh dehidrasi, maka proses pembakaran asupan makanan menjadi energi juga akan terhambat.
Akibatnya, tubuh pun akan merasa cepat lelah dan daya fokus berkurang. Sangat disarankan untuk minum air putih yang cukup secara berkala, dan jika suka disarankan pula untuk meminum secangkir kopi saat makan siang.
Asupan kafein pada kopi mampu bantu tubuh untuk tetap terjaga dan produktif hingga sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Designed By Blogger Templates - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger