Trending

Senin, 29 September 2014

10 Fakta Menarik Tentang Jantung

Setiap tahun 17,3 juta orang meninggal akibat serangan jantung dan stroke

Hari ini, Senin (29/9/2014) adalah Hari Jantung Sedunia. Hari ini ditetapkan sejak tahun 2000 untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan jantung dan stroke.

Ya, serangan jantung adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Di mana lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat jantung. Dan mengenal lebih dekat tentang jantung, mungkin akan membuat kita lebih menyayangi salah satu organ tubuh yang satu ini.
Berikut 10 fakta tentang jantung:
1. Setiap tahun, setidaknya 17,3 juta orang warga dunia meninggal akibat serangan jantung dan stroke. Ini berarti hampir 31 persen atau sepertiga kematian di muka planet ini disebabkan serangan jantung dan stroke.
2. Tokoh filsafat kuno, Aristoteles percaya jantung adalah sumber dari kecerdasan seseorang. Dan menurutnya, fungsi utama otak adalah mendinginkan darah alias membuat seseorang bertindak lebih waras.
3. Setiap hari, jantung menghasilkan energi yang cukup untuk menggerakkan sebuah truk ukuran sedang, hingga bergerak sejauh 20 mil atau sekitar 32 kilometer.
4. Suara detak jantung disebabkan oleh aktifitas empat klep jantung yang membuka dan menutup secara teratur.
5. Rata-rata, detak jantung perempuan 10 persen lebih cepat ketimbang laki-laki.
6. Jantung dari bayi yang belum lahir mulai berdetak empat minggu setelah terjadi pembuahan.
7. Berat jantung dari ikan paus biru diperkirakan mencapai 1.500 pon atau lebih dari 600 kilogram.
8. Kata-kata ‘jantung’ dan ‘darah’ dapat ditemukan di setiap naskah drama yang ditulis  sastrawan Inggris, Shakespeare.
9. Darah masuk ke jantung melalui atrium dan meninggalkan jantung melalui ventricles. Atrium adalah bahasa Latin dari pintu masuk, sedangkan ventriculus juga berasal dari bahasan Latin yang berarti perut kecil.
10. Jantung seekor burung gereja berdetak 20 kali setiap detik. Sebaliknya jantung paus biru berdetak ‘hanya’ 4-8 kali per menit.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Designed By Blogger Templates - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger